Laptop Sering Hang setelah Instal Ulang Windows

Laptop Hang

Beberapa waktu lalu saya pernah mendapatkan kasus pada Laptop Toshiba L645 yakni laptop sering hang setelah melakukan Instal Ulang. Dan kini kasus tersebut saya temui lagi pada merk yang berbeda yakni pada Laptop Lenovo G60.

Ketika sedang dihidupkan atau saat digunakan layar sering blank dan terkadang setelah loading windows langsung terjadi blue screen atau muncul layar biru pada layar.

Baca Juga :


Kenapa laptop sering hang setelah Install Ulang Windows


Proses Pengecekan


Pertama kali saya melihat kasus ini pikiran saya tertuju pasa System Operasinya, paling Windowsnya yang error jadi saya Instal Ulang menggunakan Windows 7 dan hasilnya tidak ada kendala sampai selesai instal aplikasi-aplikasi lainnya. Setelah saya diamkan beberapa jam dan saya hidupkan lagi, windowsnya hang, muncul di layar sistem operasi minta direpair dan tidak mau masuk Sistem Operasi.

Langkah berikutnya yang saya tempuh adalah dengan mencoba Repartisi/mempartisi ulang hardisk, tentunya dengan mengamankan datanya terlebih dahulu. Setelah berhasil dipartisi kemudian saya ulang kembali untuk instal sistem Operasi dan Aplikasi-aplikasinya seperti biasa.

Karena lagkah kedua saya anggap telah berhasil, akhirnya saya langsung meghubungi si pemilik laptop agar segera menggambil laptop tersebut. Setelah si pemilik laptop datang, ternyata nasip apes datang lagi. Ketika laptop tersebut dicoba malah penyakitnya kambuh lagi seperti semula.

Setelah lama utak atik, kesimpulan saya yang jadi masalah pada laptop tersebut adalah Hardisknya. Saya coba cek kondisinya menggunakan aplikasi HD Sentinel dan ternyata hasilnya positif tingkat kesehata/Health pada Hardisk tersebut hanya beberapa persen saja. Dan solusi yang paling pantas untuk laptop ini adalah ganti hardisk.

Solution


Akhirnya user pun saya hubungi dan memberitahukan apa sebenarnya permasalah yang menimpa laptop tersebut. Si pemilik pun akhirnya mengikhlaskan atas peristiwa yang terjadi pada laptop tesebut dan setuju untuk segera melakukan penggantian agar laptopnya dapat sesegera mungkin normal dan dapat digunakan kembali.

Demikian sekelumit kisah saya dengan permasalah Laptop Sering Hang Setelah dilakukan Instal Ulang, semoga kisah ini bisa menginspirasi para pembaca untuk melakukan langkah yang sama seperti yang saya lakukan jika menemukan kasus serupa.

Subscribe to receive free email updates: